Pengertian Microsoft Excel
18.18
Diposting oleh Unknown
Nama : Aditya Dwi
Zakaria
|
JOBSHEET
Pengertian
Microsoft Excel
|
Hari/Tanggal :
Selasa, 24/01/2017
|
Kelas : XII TKJ2
|
SKSD :
|
|
No Jobsheet : 25
|
Guru Study : Maman Hariana S.kom
|
A. Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft Excel
adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi
perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data.
B. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel 2007
Beberapa kelemahan
Excel 2007 adalah:
1. Pivot tabel
yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab
atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1
pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk
masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan
jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping
atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2.Untuk tabel yang
besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data,
maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang
kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan
waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan
proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan
dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif
dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati
tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel
Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate
Workbook before saving
3.Untuk membuat
kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan,
atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus
matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini
karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
C. Istilah-Istilah Excel 2007
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks.Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan
barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Istilah-istilah
dalam Excel
a.Cell : merupakan
bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3,
cell D5.
b. Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c. Workbook (buku
kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet
256)
d. Range :
merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda
jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas
sampai cell sudut kanan bawah.Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai
cell D6
e. Alamat Relatif
: merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan
berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell
berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6f.
Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan
tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1
berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7g.
Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan
baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula
bar.
Contoh : cell B1
berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5h.
Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda
dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla
nama lain range A5:G7D. Menggerakkan Penunjuk Sel (Cell
Pointer)Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan
sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk
menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang
diinginkan.Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk
menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut.Untuk
kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard.
Berikut daftar
tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard:
Tombol
Fungsi ← ↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau
bawah Tab Pindah satu sel ke kanan Enter Pindah satu
sel ke bawah Shift + Tab Pindah satu sel ke kiri Shift + Enter
Pindah satu sel ke atas Home Pindah ke kolom A pada
baris yang sedang dipilih Ctrl + Home Pindah ke sel A1 pada lembar
kerja yang aktif Ctrl + End Pindah ke posisi sel terakhir yang
sedang digunakan PgUp Pindah satu layar ke atas PgDn Pindah
satu layar ke bawah Alt + PgUp Pindah satu layar ke kiri Alt +
PgDn Pindah satu layar kekanan Ctrl + PgUp Pindah
dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya Ctrl + PgDn
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya.Jenis Data
pada Cell
1. Konstanta,
terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a.
Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam
melakukanperhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b. Numeric
: angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c. Date : data
tanggald. Time : data waktu
2. Formula
seperti rumus yang selalu diawalidengan tandasamadengan(=)atau tandatambah(+).
This entry was posted on October 4, 2009 at 12:14 pm, and is filed under
. Follow any responses to this post through RSS. You can leave a response, or trackback from your own site.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar